Jumat, 25 Maret 2011

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

manusia dan tanggung jawab
manusia dimintai pertanggung jawaban atas apa yang mereka kerjakan didunia pada saat diakhirat nanti. Lihatlah sederet penderitaan umat manusia; kemiskinan, keterkucilan, diskriminasi, korupsi, kebodohan, fanatisme buta, pembantaian, perang, keteraniayaan, ketertindasan, dan kekerasan. Dari mana semua ini muncul di tengah masyarakat manusia? Ini semua muncul karena manusia tidak mampu mengendalikan hawa nafsunya. Manusia terbelenggu oleh hawa nafsu, kemurkaan, keakuan, ambisi, dan ketamakan kepada harta benda. Di manapun faktor-faktor ini dominan dalam kehidupan manusia, maka di situ masyarakat tergiring ke dalam kemiskinan, peperangan, kebodohan, diskriminasi, korupsi, dan fitnah. Inilah yang hendak diterapi oleh Islam. Islam mengingatkan bahwa kehendak, tekad, dan ikhtiyar manusia yang merupakan salah satu anugerah Ilahi yang terbesar bagi manusia jangan sampai diserahkan kepada kebodohan, kekejian, materialisme, egoisme, dan keakuan, melainkan serahkan kepada akal dan ketakwaan.
Tahun ini kita namakan sebagai tahun pertanggungjawaban. Pertanggungjawaban bukanlah satu paham Barat, melainkan satu paham yang Islami. Ada sebagian orang yang gemar mengaitkan apapun yang disukainya kepada Barat dan menganggapnya sebagai produk pemikiran Barat. Tanggung jawab adalah bagian dari ajaran Islam yang disebut mas’uliyyah. Tanggung jawab artinya ialah bahwa setiap manusia apapun statusnya pertama harus bertanya kepada dirinya sendiri apa yang mendorongnya dalam berperilaku, bertutur kata, dan merencanakan sesuatu. Apakah perilaku itu berlandaskan akal sehat dan ketakwaan, atau malah dipicu oleh pemujaan diri, hawa nafsu, dan ambisi pribadi. Jika manusia dapat menentramkan hati nuraninya dan merespon panggilan jiwanya yang paling dalam, maka dia pasti bisa bertanggungjawab kepada yang lain.
Allah SWT berfirman;
إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولـئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْؤُولاً
“Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS.17.36)
Mata yang Anda miliki sehingga Anda dapat melihat dan mengindentifikasi sesuatu, kemudian telinga yang Anda miliki sehingga Anda dapat mendengarkan kebaikan untuk ditransformasikan ke dalam hati dan fisik Anda, serta kalbu yang Anda miliki sehingga Anda dapat merasakan, memutuskan, dan menjatuhkan pilihan dimana esensi manusia terletak pada kalbunya, semua ini adalah sarana yang telah dianugerahkan Allah SWT dan kelak akan diminta pertanggungjawabannya. Kita semua harus bertanggungjawab atas apa yang telah kita lihat dengan mata kita; apakah kita melihat? Apakah kita cermat? Apakah kita ingin untuk melihat? Apakah kita ingin untuk mendengar? Apakah kita berniat mengambil keputusan dan mengimplementasikannya? Semua ini adalah tanggung jawab.
Rasulullah SAW bersabda;
كُلُّكُمْ رَاعٍ وَ كُلُّكُمْ مَسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
“Kamu semua adalah pemelihara, dan setiap kamu bertanggungjawab atas peliharaannya.”
Kita semua bertanggungjawab. Hanya saja, semakin luas pengaruh pena, kata-kata, dan keputusan seseorang pada kehidupan manusia, semakin besar tanggung jawab yang dipikulnya. Sebab itu, para pejabat tinggi negara, para pimpinan tiga lembaga tinggi negara, begitu pula pemimpin tertinggi revolusi Islam (Rahbar) hingga seluruh eselon pejabat dan jajaran direksi memiliki tanggung jawab besar atas segala tindakan, keputusan, dan statemen masing-masing. Inilah tanggung jawab dalam ajaran Islam dimana kita semua harus menaruh komitmen padanya. Perkataan orang yang bertanggungjawab berbeda dengan perkataan orang yang tidak memiliki rasa tanggung jawab. Keputusan orang yang penuh rasa tanggung jawab juga berbeda dengan keputusan orang yang tidak memiliki rasa tanggung jawab. Sebagai pejabat, kita semua harus berhati-hati atas pernyataan dan keputusan kita. Rasa tanggung jawab inilah yang membuat jabatan layak dihormati. Pejabat dihormati oleh masyarakat adalah karena setiap tindakan dan keputusannya harus terdorong oleh tanggung jawab yang diembannya. Orang yang memiliki rasa tanggung jawab memang patut untuk dihormati. Dan segala sesuatu akan menjadi pelik jika dipegang oleh orang yang tidak memiliki rasa tanggung jawab.
sumber : indonesian.khamenei.ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar