Jumat, 25 Maret 2011

IBD (Ilmu Budaya Dasar)

IBD(Ilmu Budaya Dasar)
Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari suatu kebiasaan yang di lakukan sekumpulan masyarakat (budaya) dengan melihat dari mutu atau nilai dari budaya itu sendiri dan penanamannya dalam masyarakat atau dasar dari budaya itu sendiri. Bila disimpulkan Ilmi Budaya Dasar yaitu suatu awal dimana kita mempelajari suatu kebiasaan dari terciptanya sampai perjalanan berkembangnya hingga saat ini dan melihat nilai-nilainya dalam kehidupan.

SUDUT PANDANG BUDAYA
Sebenarnya ada beberapa sudut pandang untuk melihat sisi dari suatu kebudayaan.
1. Budaya dari sudut pandang sempit.
Dalam pandangan sempit ruang lingkup budaya adalah suatu kebiasaan/ kegiatan yang terlihat pada suatu kelompok masyarakat dan kegiatan tersebut dilakukan dalam suatu keadaan tertentu, seperti halnya pada suatu perayaan hari besar atau perayaan lain yang di adakan suatu kelompok masyarakat baik secara masal maupun individu. Dalam hal ini terlihat banyak terdapat nilai-nilai seni dan bahkan terdapat kepercayaan yang mengarah pada suatu unsur mistis. Unsur mistis adalah suatu kepercayaan yang mengarah kepada hal-hal yang berkaitan dengan benda-benda yang tidak kasap mata atau kepercayaan pada sesuatu yang ada di luar batas fikiran manusia normal pada umumnya.
2.Budaya dari sudut pandang yang luas.
Dalam pandangan yang luas, Budaya adalah suatu tradisi dari kesenian yang dibuat oleh suatu kalangan masyarakat dan kegiatan tersebut menjadi suatu kegiatan yang di ajarkan secara turun-temurun dari genderasi ke genderasi yang bertujuan agar suatu tradisi tersebut dapat di ketahui dan di nikmati serta dirasakan oleh anak cucu dari keturunan mereka serta agar apa yang mereka ciptakan itu tidak hilang atau punah begitu saja, bahkan mereka ingin hal yang mereka ciptakan itu dapat dikembangkan dan di ketehui oleh kalangan masyarakat umum lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar